Thursday, April 18, 2013

Saat Hujan Turun

Kemarin malam hujan turun dengan derasnya. Dan saya lupa kalau ruang tengah rumah saya bocor. Sebenarnya udah sempat diperbaiki, tapi entah kenapa bocor lagi (-.-  )". Saat hujan turun itu, rumah dalam keadaan kosong. Nggak ada yang menampung air yang pelan-pelan jatuh dari langit-langit ruang tengah.

Setibanya di rumah, saya dikejutkan oleh air yang menggenang bahkan ada pula yang mengalir sampai kamar. Hal ini karena hujan yang benar-benar deras atau kebocoran yang makin melebar yaa? Entahlah. Yang pasti ini gawat banget! Pasalnya rak buku di dekat pintu jadi korbannya.

Rak buku saya nggak pake kaki jadi bagian dasarnya benar-benar menempel ke lantai. Genangan air itu sukses membuat bagian dasar rak basah. Saya khawatir sekali kalau raknya nanti jadi rapuh. Lebih khawatir lagi dengan nasib buku-buku yang tersusun di rak paling bawah itu. Syukurlah hanya beberapa buku yang ujung halamannya basah. Buku-bukupun segera saya keluarkan dari rak sedangkan raknya saya balik agar bagian dasarnya bisa saya keringkan.


Ini mungkin hanya soal buku.
Tapi -entah sejak kapan- saya merasa buku itu sangat berharga hingga harus saya jaga dengan baik.


Beberapa waktu silam saya pernah mendengar berita seorang blogger yang rumahnya kebakaran. Buku-bukunya tak terselamatkan. Tragis. Saya nggak kebayang -eh, udah kebayang sih- gimana kalau nanti saya ada di posisi itu. Buku-buku di rumah saya mungkin memang nggak banyak, tapi saya tentu akan sedih sekali jika bencana itu menimpa saya.

Kita memang nggak pernah tau sih apa yang akan terjadi. Rumah saya sendiri sebenarnya terletak lebih tinggi dibanding rumah tetangga yang lain. Kondisi itu bikin saya merasa jauh dari ancaman banjir. Nyatanya, air tetap bisa masuk ke rumah, lewat jalur atap yang bocor. Maka, bagaimanapun, yang harus disadari kembali adalah buku adalah titipan juga. Suatu waktu bisa hilang, rusak, atau nggak balik lagi setelah dipinjam teman #eh ^^a.

Published with Blogger-droid v2.0.10

1 comment:

  1. Saya juga pernah mengalami, ratusan buku hanyut lantaran rumah amlas karena erosi. Sedih banget memang :"(

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v