Tuesday, January 1, 2013

book-a-lova | 10-12

Parah juga yaa? Selama tiga bulan saya gak bikin laporan book-a-lova. Dulu saya sempat nagih, waktu teman yang biasanya rutin bikin laporan lantas absen tiba-tiba. Ternyata, dia gak bikin laporan bacaan bulanan karena pada bulan tersebut nggak ada satupun buku yang berhasil ia tuntaskan. Dan akhirnya saya mengalami hal itu. Yah, meski nggak separah teman saya itu sih. ^^v

Bulan Oktober sebenernya target baca buku tercapai. Tapi ceritanya sok sibuk jadi nggak sempat bikin laporannya. Yang paling parah itu di bulan November. Saat itu saya cuma baca satu buku, itupun buku yang sebelumnya udah saya cicil bacanya di bulan lalu. Dan Desember ini adalah masa-masa ngebut baca biar target reading challenge 2012 bisa tercapai.

Okelah, ini dia buku-buku yang saya baca sepanjang Oktober hingga Desember:

11 buku untuk 3 bulan
Ping! A Message from Borneo - Riawani Elyta & Shabrina Ws
Dibeli sebelum Oktober tapi nggak langsung dibaca padahal bukunya cukup tipis. Pemantiknya adalah lomba resensi novel duo penulis berbakat ini. Alhamdulillah menang dan dapet paket buku yang cihuy dari Penerbit Bentang. Novel ini sangat edukatif, cocok dibaca remaja biar sadar bahwa misi penyelamatan alam bisa dilakukan oleh siapa saja. Salutlah buat penulisnya yang nggak punya background lingkungan, belum pernah ke Borneo, tapi bisa nulis sebagus ini.

The Lost Java - Kun Geia
Buku ini dibeli karena mau ikut lomba resensi novelnya. Lumayan hadiahnya menggiurkan. Sayangnya saya gak menang. Hoho.. Secara umum saya apresiasi banget buat usaha Kun Geia untuk membuat sebuah novel bergenre sci-fiction. Paling gak suka dengan sisipan romance yang menurut saya sedikit mengganggu alur cerita novel ini.
Single Mother Double Fighter - Skylashtar Maryam
Ini juga buku yang dibeli karena mau ikut lomba resensi bukunya. Haha.. Sepertinya saya keranjingan banget ikut lomba resensi di bulan Oktober. Kali ini nggak menang juga. Malahan bisa dibilang saya gak lolos jadi peserta. Tapi seneng juga karena dapet satu buku dari hasil ngeresensi buku gokil ini.

Cinta Dari Cikini - Nursalam AR dkk
Ini adalah antologi ce rpen yang memuat satu cerpen saya. Hahay.. Padahal awalnya naskah itu sempat ditolak loh! Etapi ternyata tema yang saya tulis matching juga dengan keseluruhan tema dalam kumcer ini. FYI, setiap keuntungan yang didapat dari buku ini akan disumbangkan ke Palestina melalui komunitas MPID. Beli yah! ^^

Berjuta Rasanya - Tere Liye
Bosen dengan tema dan gaya bertutur tere liye di buku ini. Udah, gitu aja. :D

After School Club - Orizuka
Buku pertama karya Orizuka yang saya baca nih. Belum sempat dibuat review lengkapnya. Tapi aseli, saya suka banget dengan gaya bertuturnya. Dan, oh, ini buku gokil bangetlah! Cuma endingnya kok agak2  datar yaa kayaknya?

Persona Non Grata - Riawani Elyta
Menyelesaikan novel ini sejujurnya karena nggak enak sama sang penulis. Mba Lyta menghadiahkan buku ini karena saya menang kuis yang ia adakan. Rasanya ada kewajiban untuk menyelesaikan buku ini. Heheh... Oya, hanya dengan membaca dua novelnya, saya bisa menyimpulkan bahwa Mba Lyta ini jagonya melakukan rise untuk novelnya. Dan tentu aja hasilnya jadi ciamik banget.

How to Master Your Habits - Felix Siauw
Gaya bertuturnya kayak Ippho Santosa. Asik dan persuasif. 

Travelove - Andrei Budiman dkk
Tiap kontributor buku ini punya fokus yang beda2 ketika bertutur tentang travelove. Ada yang lebih mengambil sudut pandang travelnya. Tapi ada juga yang kebanyakan cerita soal kisah cintanya. 

Cinderella Syndrome - Leyla Hana
Saya merasakan adanya paduan yang pas antara judul, pembuka, alur, hingga ending ceritanovel ini. Dan hasilnya, adalah kesan mendalam setelah selesai membaca novel ini.

Botchan - Natsume Soseki
Beberapa teman telah membaca buku ini beberapa bulan yang lalu. Saya pikir, wah, bagus nih kayaknya. Etapi setelah saya baca, uhh,, saya kecewa! Mungkin karena ekspektasi yang sudah tinggi sejak awal, tapi saya gak menemukan (atau gak bisa menemukan yaa?) pesan-pesan di balik novel ini.


Nah, untuk 2013 sendiri, saya akan menantang diri saya untuk membaca 60 buku selama setahun. Jadi, rerata buku yang saya baca perbulannya nanti adalah 5 buku. Kalau melihat kemampuan baca di tahun lalu sih harusnya bisa tercapai. Siplah, sampai ketemu di laporan bulan Januaria aja kalo begitu ^___^

6 comments:

  1. *sigh*
    aku udah lama ga bikin laporan baca, GR challenge pun ga selesai -.-a

    ReplyDelete
  2. mari neng, kita merajut semangat bikin laporan baca lagi. hehe... apa perlu ketemuan buat barter buku lagi? ini buku2mu juga masih ada di rumah..

    ReplyDelete
  3. after school club-nya bagus ya mba? belom pernah baca sih, kalo karyanya orizuka yg lain malah baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. endingnya sih biasa aja. tapi lumayan bukunya bisa buat hiburan. bikin ngikik gitu deh..

      Delete

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v