Thursday, October 18, 2012

Antologi Cerpen Cinta dari Cikini

Atas nama cinta, Wasis, seorang pemuda kampung asal Bantul memutuskan untuk mengadu nasib di Jakarta. Cintanya kepada simbok-lah yang juga membuat Wasis ingin berubah menjadi lebih macho. Wasis tak mau melihat simboknya sedih lagi akibat tingkah anaknya yang kemayu. Berbulan-bulan Wasis meninggalkan kota kelahirannya, membuat ia rindu pada simbok di kampung. Dari Cikini, Wasis kemudian mencari cara untuk menyampaikan rasa cinta pada ibu yang telah melahirkannya tersebut.

Cinta Dari Cikini karya Nursalam AR ini menjadi pembuka antologi cerpen dengan judul yang sama. Terdapat 19 cerpen yang ditulis oleh 15 orang penulis dengan tema yang beragam. Ada cinta, kehidupan, orang-orang asing, dan persahabatan. Semua digoreskan dengan sederhana namun sarat akan hikmah kehidupan.
"Kadang kita menunggu untuk dipilih, tetapi juga memiliki kesempatan untuk memilih. Karena hidup terus meninggalkan kita yang hanya berjalan, namun takut untuk berlari mengejar mereka. Aku akan memilih, untuk kebaikan hidupku, tak peduli apa kata orang, yang lebih terpenting apa kata Allah--Tuhanku dan juga Tuhanmu."  -Memilih, Bukan Dipilih, hal. 37

Yang tak kalah menarik adalah sisipan puisi yang mengawali masing-masing tema tersebut. Berikut satu puisi karya Toffan Ariefialdi yang mengawali cerpen-cerpen dengan tema asing:

Di mata kamu yang taman bunga,
aku tumbuh jadi ilalang:
begitu asing dan terlarang

Meski diterbitkan secara indie, bukan berarti kumcer ini tidak digarap dengan baik. Kavernya menarik dan tata letaknyapun rapi. Mungkin akan ditemukan sedikit typo, tapi tak mengurangi keasyikan membaca buku ini. Sesekali pembaca akan dibuat haru, namun di lain cerpen akan dibuat tertawa.

Oya, sebagai tambahan, antologi cerpen Cinta dari Cikini ini merupakan sebuah proyek amal yang royaltinya akan diberikan kepada MP4Palestine, sebuah komunitas yang concern pada kemerdekaan Palestine dan humanity. Jadi, dengan membeli buku ini, kamu juga memiliki kesempatan untuk beramal.

Selamat membaca! 

Sumber foto: Khoiri, 2012

Judul | Cinta dari Cikini
Penulis | Nursalam AR, Azzura Dayana, Sungging Raga, dkk.
Penerbit | Indie Publishing
Terbit | Agustus 2012
Tebal | xii + 207 hlm
ISBN | 978-602-7770-05-8

4 comments:

  1. Insya Allah, masih direncanakan untuk buku bulan depan yang mesti dibeli :)

    ReplyDelete
  2. Ada nama Azzura Dayana dan Nursalam AR, sudah emnjadi jaminan bahwa antologi ini gak main-main.

    mbak Ai, nulis cerpen juga dong. *request

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nyumbang satu cerpen di sini loh, pak. ayo dipesan bukunya biar bisa baca cerpen saya. hihi...

      Delete

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v