Saturday, August 11, 2012

33 Fakta Seru Alam Semesta

Apakah benar bumi itu bulat? Mengapa laut terasa asin? Bagaimana proses terbentuknya gua, pantai, dan gurun? Dan, apa yang disebut dengan bintang jatuh?

Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin pernah terlintas dalam kehidupan kita. Ketika di sekolah, pastilah fenomena alam tersebut pernah disinggung pula dalam pelajaran IPA, khususnya Fisika. Tapi apakah kita masih mengingatnya bahkan memahaminya dengan baik? Jika belum, buku 33 Fakta Seru Alam Semesta ini bisa memberikan jawabannya dengan sederhana dan menarik.

33 Fakta Seru Alam Semesta merupakan serial perdana dari komik petualangan sains yang diterbitkan Kaifa Publishing. Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran komik sains yang full colour ini menjadi alternatif bacaan bagi siapa saja yang ingin menambah ilmu pengetahuan. Bahasa yang mudah dipahami, cerita dengan alur yang menarik, serta gambar yang menunjang menjadi keunggulan buku ini. Sambutan yang baik mungkin juga menjadi alasan munculnya serial kedua yang berjudul 33 Fakta Seru Makhluk Hidup dua bulan setelahnya.

Cerita bermula dengan penemuan berupa antena yang dapat menghubungkan bumi dengan luar angkasa oleh Eti, seorang ilmuwan yang meneliti berbagai fenomena alam semesta. Dao tertarik mencobanya. Iapun mengirimkan pesan ke luar angkasa, “Haloo.. Aku Dao, si genius dari Bumi. Aku tahu apapun tentang Planet Bumi, jadi datanglah setiap waktu..”

Tak disangka, ternyata pesan itu benar-benar tersampaikan. Alphi, seorang makhluk luar angkasa dari Planet Chireuchireu datang berkunjung ke kediaman Dao & Baeci. Alphi sengaja datang karena butuh bantuan menyelesaikan PR-nya tentang Planet Bumi. Dao yang sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang planet yang ia huni akhirnya menyerahkan semua pertanyaan Alphi pada Baeci.

Bersama Eti, Baeci kemudian menjawab satu persatu pertanyaan yang diajukan Alphi. Mulai dari apa saja yang ada dalam perut bumi hingga fakta-fakta seru yang ada di atmosfer. Semua dijelaskan secara bergantian (atau seringkali secara rebutan) oleh Eti dan Baeci. Dan rasa haus akan ilmu membuat Alphi bertanya lebih banyak lagi, bahkan ketika PR tentang bumi telah ia selesaikan. Dari bumi hingga tata surya. Itulah kemudian yang harus dijelaskan Eti dan Baeci untuk memuaskan rasa ingin tahu Alphi.

Tak harus terburu-buru dalam menyelesaikan buku 33 Fakta Seru Alam Semesta. Buku ini dapat dibaca dengan santai kapan saja. Setiap bab yang dibuat tak lebih dari 8 halaman, seolah memberikan jeda sejenak bagi pembaca yang tak sabar ingin menuntaskan membaca buku ini dalam sekali duduk.

Namun, seperti ulasan yang disampaikan di serial 33 Fakta Seru sebelumnya, mengingat buku ini menggunakan kertas art paper (bahan kertas yang biasa dipakai untuk majalah), buku ini jadi terasa agak berat sehingga kurang nyaman dipegang dalam waktu yang lama. Mungkin karena faktor kertas dan warna itu pula hingga harga buku ini menjadi relatif mahal. Selain itu, karena buku ini awalnya diterbitkan di Korea, maka beberapa contoh terasa kurang dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, salah satunya tentang iklim.



Judul
| 33 Fakta Seru Alam Semesta
Judul Asli | Easy Earth Science 33
Penulis | Yu Gyeong Won & Yang Sun Mo
Penerbit | Kaifa
Tahun Terbit | Januari 2012
Tebal | 235 hlm

hadiah Mizan (lagi)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v