Saturday, August 11, 2012

book-a-lova | November '11

Perhatian! Gambar di bawah ini hanyalah penunjang untuk pengantar bookalova,
bukan buku2 yang kubaca di bulan November

 

Sekarang ini rasanya pengen sampulin buku2ku (yang paling atas dan paling bawah itu buku kakak sih..). Tapi kalo dipikir-pikir, duh, penting banget nggak siih?? Bukankah banyak kerjaan lain yang harus dikerjakan? Hweee.. waktu memang sedemikian menghimpit beberapa hari belakangan. Tapi aku malah menyisipkan hal-hal nggak penting di antara hal-hal yang penting.

Contohnya waktu belanja di toserba dekat rumah tadi malam. Bukannya beli keperluan yang dibutuhkan, eh, aku malah beli bubble gum. Trus waktu ke TM kemarin malam, lagi2 keasyikan di lapak stationary dan seharusnya cuma beli pulpen 4 warna, eh, malah ditambah pensil mekanik rasa pensil raut. *pensil yang aneh kan? makanya aku beli. Heheu..

Nah, kalo bros yang di sebelah kiri itu adalah purezento pertamaku di bulan Desember. *hoi hoi, Ai.. sekarang kan lagi bikin jurnal bookalova, kenapa jadi bahas purezento deeh?* ehehe...

.
.
.

Yaa sebenernya sih malu juga untuk bikin book-a-lova di bulan November. Jadi, telat kasih laporan tuh bukan karena sibuk juga, hanya bingung mau kasih laporan apa. Hehe.. Hanya ada dua buku yang berhasil dibaca. Itupun buku2 yang tipis dan ringan. Berikut bukunya:

1. Jangan Sadarin Jilbaber - Chio
ini buku barter sama temen. nama penerbitnya anomali dan menurutku pas banget si Chio ini menerbitkan bukunya di sini. Karena emang agak2 aneh bukunya. Dan karena buku untuk akhwat ini dibahas dari sudut pandang ikhwan, jadi semakin uniklah buku ini. Kadang merasa tertampar *eh, banyak bahasan yang bikin aku tertampar ding, heheu*. Kadang nggak sepakat juga. "Nggak sekaku itu kalee.." *hehe, mungkin kalo sang penulis baca review-ku bakal bilang, "nah, yang kayak gini neh yang jangan disadarin"

2. Inspiring Words for Writers - M. Fauzil Adhim
Baca di TM bookstore nih... Buku ini dibaca sekali duduk. Berisi kumpulan motivasi untuk para penulis. beberapa kalimat sang penulis bikin merinding euy! Begitulah.. Semangat menulis itu kan naik turun yah.. Makanya butuh penyemangat selalu, salah satunya dengan membaca buku ini. Tapi yaa inti dari membuat tulisan itu kan menulis saja.


Udah, sodara-sodara.. segitu aja. sisa waktu selama November yang lalu kupakai untuk baca Manga online: Shiawase Kissa Sanchoume (makin suka dengan manga yang satu ini) dan dorama Dragon Zakura (agak telat yah baru nonton sekarang.. tapi doramanya emang keren banget, termasuk OST-nya. ^^b). Oya, aku juga sempat nonton beberapa episode K-drama Sassy Girl Chun Hyang dan King of Baking (hasil barter dengan Ludi, hoho..)

Beberapa buku yang selintas dibaca yaitu The Jakatra Secret *huhu, kapankah aku menyelesaikannya?? ) dan buku Business Moms: 15 IRT Berbagi Tips Sukses Menjadi Pengusaha karangan Triani Retno A. dkk. Aku cuma baca cerita tentang Mom yang jadi penulis aja (ditulis oleh Mba Ifa Avianty). Sisanya baca naskah temen dan buku rumah tangga yang masih dummy.

Jadi, begitulah. Ke depan sih pengennya baca buku2 yang di foto itu (plus Galaksi Khinanti dari Ziyy). Oya, buku yang ditengah itu buku2 second tapi kualitasnya masih bagus, kubeli dari Mba Leyla dan Mba Gita Lovusa. Dalam hal ini aku punya kebiasaan yang sama seperti mereka: bukunya nggak dikasih nama. Jadi sewaktu2 bisa dijual atau dijadiin modal buat book swap *itung2an jalan lagi, ahaha*

Sepertinya di bulan ini aku mulai senang beli buku. Mungkin efek gabung di sebuah grup FB untuk penulis kali yaa? Di sana sempat dibahas topik seputar pembaca dan penulis. Tentang kesedihan para penulis ketika bukunya masuk keranjang buku2 diskon dan kebahagiaan para pembaca karena bisa beli buku diskonan. Dan beberapa hal berkebalikan lainnya.

Selain itu juga karena mendapati tetanggaku suka baca juga. Beberapa kali dia pinjam bukuku dan aku sangat senang. Sayangnya kemudian aku bingung karena stok novelku yang bisa dipinjam semakin sedikit. Jadi memang harus nambah koleksi bacaan. Yah, intinya mungkin Ai akan pensiun jadi si cumi. emm, mungkin yaaa *loh?

Sempat ketonjok juga sih dengan tweetnya @ipphoright tentang keengganan masyarakat membeli buku, padahal kan buku itu bisa jadi investasi juga. Apalagi kalo dipikir2 aku sering banget menghabiskan uang untuk beli cemilan dan pulsa. Haduuuh.. harus semangat beli buku deh pokoknya. trus dibaca. trus sambil nulis. trus bikin buku. trus beli buku dst dst.. hoho.

Dan tanpa terasa tinggal sebulan lagi reading challenge akan berakhir. Sebenernya kalo melihat laporan book-a-lova-ku, sejak bulan lalu aku udah berhasil menjawab tantangan Goodreads. Lebih dari 50 buku udah kubaca. Tapi berhubung nggak semua buku yang kubaca ada daftarnya d Goodreads (dan aku malas masukin secara manual, heeeu) maka aku butuh 15 buku lagi. Glek! sebulan baca 15 buku?

 

Aku menantang diriku untuk baca 51 buku dalam waktu setahun. Sekarang masih kurang 15 lagi. Dan berbicara soal angka 15, ternyata angka tersebut bukan hanya menjadi jumlah buku yang harus aku baca, tetapi juga nomor urutku di lomba Rumah Kenangan yang diadakan Mba Intan #eaaa. Alhamdulillah aku masuk 25 besar. Dan sekarang (hingga 5 des ini) sedang berlangsung pemilihan juara favorit. Yang mau ikutan vote bisa ke link di sini. #malu2promosi :p


***
Ruang Tengah,
3 Desember 2011 pk. 03.22 wib
Sampai jumpa di book-a-lova Desember ceriaaaa.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v