Friday, August 10, 2012

Kamu Muslim, Kan?

"Rei...?"
"Ya?"
"Kamu muslim kan?"

Saya mengangguk mantap.

"Kenapa saya lihat kamu tidak Sholat?" Jules bertanya prihatin.

Deg!.

Ada sesuatu yang menohok perasaan saya saat itu dan entah kenapa lagi-lagi saya jadi ingat gadis kota hujan

...

Kini saya juga tersadar, entah sudah berapa puluh kali saya meninggalkan sholat. Dan gadis nonmuslim di samping saya ini yang dengan sederhana mengingatkan bijak, saya menatap Jules dengan mata nanar. Gadis cantik itu diam memaklumi, hanya tangannya yang menghapus pelan air mata saya yang tiba-tiba jatuh.

[Travellous: 89-90]



Hei, bahkan aku tak menyangka bahwa kisah sederhana namun menggetarkan hati itu tertulis dalam buku travelling berjudul Travellous: A Travel Journal. Andrei Budiman, sang penulis, dengan gaya berceritanya yang asyik, mengajak kita merasakan dahsyatnya sebuah mimpi untuk berkeliling Eropa. Ah, tidak. Bahkan dia tak ingin sekadar mewujudkan mimpinya, tapi ingin lebih bijak dalam setiap perjalanan kehidupannya. Keren kan?!

Hmm.. Sudahlah! Promosi buku ini dicukupkan dulu. Saatnya kembali pada percakapan Andrei dan Jules. Bagaimana shalat kita, kawanz?

"Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya daripada ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." [QS al-'Ankabuut: 45]

-o-
 
Ingat yaa Zah, mendirikan shalat, bukan sekadar melaksanakan shalat!
 
[7 Juli 2012 pk. 07.59 wib] 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v