Saturday, August 11, 2012

book-a-lova | 02

Seperti yang sudah aku tekadkan di QN di awal Februari yang lalu bahwa aku akan mewarnai Februari ini dengan menulis, membaca, dan jalan-jalan. Bisa dibilang target itu berhasil. Tapi yaa tetap standar yang digunakan adalah standar yang kubuat.

Ketika jalan-jalan ke Borneo pekan lalu sebenarnya aku membawa sebuah buku Life Traveler yang dipinjam dari Ziyy. Judulnya udah matching banget kan dengan perjalananku, sayangnya buku itu hanya dibawa saja. Tak selembarpun kubaca. Haha.. Beart-beratin tas aja yaa . Tapi memang begitulah ketika jalan2, sepertinya selama HP masih terisi pulsa, kegiatan baca itu agak tersisihkan. Karena waktu banyak dipakai untuk ngenet dan ngobrol. Tapi sebelum itu aku udah nabung baca buku. Lumayanlah ada 4 buku yang sudah terselesaikan sebelum pekna keempat Februari.

Berikut daftar buku di bulan Februari:
  1. Kisah Para Murobbi Sukses - Rahayu Ningsih & YR Rasio: Seringkali tips-tips itu memang lebih enak disampaikan dengan gaya naratif. Penuturan dalam bentuk poin2 terkadang bikin bosen apalagi jika bahasanya kaku. Tapi buku ini menggunakan gaya bahasa yang pertama. Para murobbi sukses menyampaikan tips2-nya seputar membina halaqoh dengan gaya bercerita yang santai tapi pembaca dapat menangkap poin2 penting yang mereka sampaikan.
  2. Mata Yang Indah - Cerpen Pilihan Kompas 2001: Lumayan banyak dapet ilmu nulis dari kumcer ini. Review-nya bisa dilihat di sini
  3. Recipes for a Perfect Marriage - Kate Kerrigan: Pertama kali tau judul buku ini dari Mba Gita Lovusa. Katanya bagus. Makanya waktu menemukan buku ini di raknya Mba Novi langsung aja aku pinjem. Dan ternyata emang bagus. Ada begitu banyak buku2 tentang pernikahan tapi sang penulis menyajikannya dengan unik dengan menghubungkannya dengan resep2 makanan. Aku suka dengan buku2 yang memberi banyak hikmah lewat analogi2 yang cerdas. Tapi tetep, buku ini masuk kategori dibaca, bukan dibeli. Hehe..
  4. Tarbiyah Ruhiyah - Abdullah Nashih Ulwan: mengingat sepertinya buku2 yang kubaca mulai timpang (minim buku2 Islam-nya, huhu) makanya aku menghukum diriku dengan beli buku2 nonfiksi islami. Tapi yang tuntas dibaca baru buku ini aja. Hedeeh... Buku ini meski terkesan sederhana tapi nampol banget isinya. To the point dalam hal penyampaiannya. Oya, dengan memuat ulasan di bab sebelumnya kupikir oke juga. Biar kita nggak lupa sama bab2 yang udah lewat ^^b
  5. Filosofi Kopi - Dee: Buku ini hadiah dari Ida dan aku menuntaskannya dalam waktu sehari. Bisa diartikan bahwa buku ini baguuuus banget. Agak lebay mungkin yah, tapi aku nyatanya kasih bintang 5 untuk kumcer dan prosa ini. Bahasanya nyastra, tapi nggak kosong. *Mungkin juga karena tema2nya yang agak mellow tapi berbobot. Sekelas Daun Jatuh lah.. hehew.
  6. KISATA - Dang Aji, Tridju Purnowo, dkk: Aku termasuk yang dkk itu. Haha.. Jadi ini buku keroyokan bareng temne2 di grup UNSA. Aku numpang nampang satu tulisan di sana. Bisa dibilang ini proyek gotong royong. Mungkin isinya sederhana. Tapi kalo liat nama2 penulisnya kebanyakan mereka yang emang sering ikutan lomba2 antologi semacam ini. Jadi secara penuturan ide udah lumayan lah.. Meski perlu dipoles lagi sisi2 menarik dari ide tulisannya *sotoy banget :p
  7. Dear, Allah - Iqbal Latif & Ayu Mayangsari: buku ini kubaca hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. Keren kaaan? Haha.. Karena yang dibaca emang cuma tulisannya Tante Ayu aja. Tulisan Om Iqbal sih udah dibaca semua. Nggak ada surat yang baru ternyata . Oya, yang paling keren dari buku ini adalah endorsers-nya. Hwehehe.. Narsist.com. Oya, ada beberapa kesalahan ketik. *gemes pengen ngedit :))
  8. Jeda Sejenak - Ar Rifaah: Emm, 2 buku terakhir kayaknya emang agak2 maksa juga yaa untuk dimasukin ke bookalova bulan ini. Secara bukunya Rifa ini udah kubaca saat diminta jadi endorsers beberapa bulan yang lalu. hehe.. Tapi untuk kepentingan promosi *dan nambah2in jumlah buku yang dibaca #eh* jadi aku masukin juga deh. Meski buku ini diterbitkan secara self publishing, tapi konsep pembuatan bukunya udah oke banget menurutku. Sempat menyarankan Rifa untuk menawarkan ke penerbit mayor sih, tapi naskahnya ternyata udah disetor duluan ke Leutika Prio. Dibeli yaa! Nggak rugi kok! ^^b
ada yang mau beli??? pesan ke aku yaa :P


Buku lainnya yang masih masuk dalam daftar sedang dibaca: 7 Keajaiban Rezeki *kapan selesainya yaa baca buku ini??*, Dan Aku pun Berjilbab, Islam Liberal 101, Lampuki *nggak terkejar mau ngeresensi buku ini, heew..* Ranah 3 Warna, Emm, apa lagi yaa??

Oke, cukup sekian. Mohon maaf kalo nggak review-nya kurang mendalam. Eeh, sebenernya ini emang bukan review juga. Aku bikin review-nya di Goodreads. Kalo sempat mampir yaa! Ini akun goodreads-ku

Sampai jumpa bulan depan, insyaAllah..
Salam Semangka!

***
di Balik 3 Jendela,
3 Maret 2012 pk.. 11.40 wib
siap2 mau ke Kompas Gramedia Fair. Siapa yang mau ke sanaaaa??

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v