Saturday, August 11, 2012

book-a-lova | 06

Bisa dibilang aktivitas baca di bulan Juni mengalami kemerosotan yang sangat dahsyat. Kalau sebelumnya bisa menyelesaikan 8 buku dalam sebulan, kali ini hanya berhasil baca 5 buku. Sesuai target sih.. Tapi kalau ditilik lebih jauh, buku-buku yang udah diselesaikan sebenarnya buku-buku yang udah dicicil baca sebelumnya juga.

Padahal jadwal ngajar udah lumayan lengang..
Padahal nggak banyak ikut lomba nulis juga..
Padahal bisa baca lebih banyak buku lagi..

Aseli iriiii banget waktu Ziyy cerita kalau kenalannya ada yang punya targetan setahun menyelesaikan 1000 buku. Hontou ni??? Aku aja udah shock sendiri. Tapi Ziyy menambahkan kalau saat ini sudah menuntaskan 900 buku. Wews... Jadilah kegiatan itung-itungan dilakukan. Kalau dikalkulasikan, orang tersebut bisa menyelesaikan 5 buku dalam waktu sehari. Heh? Itu kan targetku selama sebulan.....

Jangan bicara nggak mungkinnya. Atau jenis bacaannya. Atau seberapa tipis bukunya (mungkin). Yaa, seperti yang sudah diulas di bookalova sebelumnya, buat apa banyak baca buku kalau nggak ada satupun yang terserap. Yayaya, kita memang tidak sedang membicarakan jumlah, kawanz! Aku sedang membahas bagaimana aktivitas baca itu menyatu dalam dirinya. Bagaimanapun, pastilah ada keuntungan yang seseorang dapatkan dari buku-buku yang dilahapnya itu. Inget, kan? Buku itu jendela dunia!

Dan berikut buku-buku yang kubaca di bulan Juni ini:

Tahta Mahameru - Azzura Dayana
Mulai baca sejak bulan Mei, dlam rangka ikut lomba resensi Republika online sebenernya, tapi apa daya, bukunya gak tuntas dibaca juga. Buku ini punya deskripsi tempat yang keren banget. Parameter sederhananya sih karena aku bisa larut dalm pendakian Faras dan kawan2 ke Semeru dan perjalanannya ke tempat2 lain. Dan bagaimana Mbak Yana menyisipkan pesan-pesan kebaikan di dalamya patut diacungi jempol.

Life Traveler - Windy Ariestanty
Banyak yang bilang buku ini bagus, makanya aku ingin membacanya juga. Etapi kok yaa aku tersendat-sendat bacanya? Aseli, lamaaa banget aku bisa menyelesaikan buku ini. Not bad sih, tapi entah kenapa nggak ingin cepat-cepat menyelesaikanya. Kadang, menyelesaikan buku-buku travelling itu emang tergantung mood sih.

Oya, aku sebenernya suka dengan sudut pandang Windy. Ia pandai menangkap sesuatu yang mungkin luput dari perhatian orang lain, lalu memetik hikmahnya. Satu hal yang amat disayangkan adalah pembahasannya tentang Thailand. Okelah, kita nggak bisa terlalu memisahkan diri dari realita kehidupan yang masih penuh kegelapan. Tapi kalau bisa terus berbagi hal-hal baik, kenapa harus menceritakan hal yang sebaliknya?

33 Fakta Seru Alam Semesta - Yu Gyeong Won & Yang Sun Mo
ulasannya ada di sini yah.. Boleh dibilang aku lebih suka serial keduanya yang tentang makhluk hidup *narsis biolog, heheu* Yang menarik adalah, penulis di buku pertama dan kedua itu empat orang yang berbeda. Kalo penulis cerita wajarlah yaa. Pembahasannya pasti kan terkait bidang ilmu masing-masing. Tapi soal ilustrator, kok bisa gambar yang sama dibuat dua orang yang berbeda? Keren! *Meski pewarnaannya lebh bagus di seri kedua sih..

Senior - Chi Ito
Hahay! Maksa banget deh masukin komik ke dalam bookalova kali ini. Dan di antara 5 komik Chie Ito yang kukoleksi di rumah, buku ini yang rangkingnya paling rendah. Ada 4 cerita dalam komik ini tapi nggak ada cerita yag benar-benar berkesan. Hanya, lagi-lagi aku suka dengan potongan2 puisi yang diselipkan sang mangaka dalam komiknya.

Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah - Tere Liye
Pertama kali baca langsung 3 bab terakhir. Haha.. Sebelumnya udah pernah baca sih. Tapi akhirnya baca ulang dari awal karena agak lupa dengan alur ceritanya. Ulasannya bisa dibaca di sini. Ayo ayo mampiiir.. Resensi untuk KADSAM ini adalah resensi terpanjang yang kubuat loh! Yaa begitulah kalo tuntutan lomba resensi. Plus minusnya udah di bahas di sana yaa
 
life traveler minjem sama ziyy ^^
Bulan Juli ini kayaknya aku mau fokus baca buku2 pinjeman deh. Kelamaan di rumah malah bikin nggak enak hati. Yang punya bukunya sih fine-fine aja. Tapi aku merasa setiap kali menengok buku2 itu di lemari, mereka seolah menyapaku, "Yong Jai.. Yong Jai..." *lah, itu mah Han Ji Eun yaa? wkwk..* Pokoknya pengen lebih semangat baca buku lagi. Yosh!


***
di balik 3 jendela,
1 Juli 2012 pk. 18.48 wib
Welcome, Juls..

1 comment:

  1. Mba, buku 33 Fakta Seru Alam Semesta - Yu Gyeong Won & Yang Sun Mo nya gak dijual? hehhe

    ReplyDelete

Terima kasih untuk tidak meninggalkan pesan berbau SARA dan spam di sini ^^v